Kapolda Metro: Habib Rizieq Taat Hukum, Saya Yakin Pulang

Kapolda Metro Jaya Irjen M Iriawan (Foto: Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta - Kapolda Metro Jaya Irjen M Iriawan menyebut imam besar FPI Habib Rizieq Syihab adalah seorang warga negara Indonesia yang taat hukum. Dia pun yakin Rizieq akan segera pulang demi menjalani proses hukumnya.

"Menurut saya, beliau kan seorang WNI. Yang saya tahu, beliau taat hukum. Saya yakin beliau akan kembali," kata Iriawan di kawasan Widya Chandra, Jakarta Selatan, Senin (5/6/2017).

Iriawan pun menitipkan pesan pula kepada Rizieq. Menurutnya, bila Rizieq merasa benar maka jangan pernah takut karena bukan polisi yang memutus perkaranya.

"Kalau nggak salah, hadapi aja itu, nanti diperiksa, nanti kan bisa diuji di pengadilan. Polisi tidak menentukan salah (atau) tidak. Kita hanya mengumpulkan bukti dilengkapi baru diserahkan ke kejaksaan, kejaksaan nyatakan lengkap P-21 maka pengadilan menentukan," pesan Iriawan.

Selain itu, dia pun berharap Rizieq dapat menjelaskan apa yang sebenarnya terjadi di pengadilan. Oleh karenanya, dia berharap Rizieq segera kembali ke Indonesia.

"Kalau punya bukti tak melakukan, ya (buktikan) di pengadilan, itu lebih fair. Jangan dihambat tak bisa diperiksa, kumpulkan massa. Lebih baik dihadapi gentle, jelaskan apa adanya nanti di persidangan," kata Iriawan.

Habib Rizieq telah ditetapkan sebagai tersangka pornografi di kasus 'baladacintarizieq'. Dia ditetapkan sebagai tersangka dengan Firza Husein.

Rizieq saat ini disebut berada di Arab Saudi. Polisi telah meminta Interpol untuk mengeluarkan red notice bagi Rizieq. Polisi juga telah menyebar poster-poster Rizieq yang telah dimasukkan dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) hingga ke polsek-polsek.